Pages

Slideshow

Rabu, 25 Januari 2012

Jangan Bersedih, Inilah Kiat-Kiat untuk Bahagia

  1. January, 26  2012

    بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


    Kebanyakan orang yang sedang terhimpit masalah, langsung menyudutkan, menyalahkan, dan mendzolimi dirinya dengan berbagai cara. Demi Allah cara seperti itu adalah keburukkan besar baginya, celakalah pula ia jika terus menurus dikala sempit melakukan hal itu.

    Jika kita sebagai khalifah Allah yang benar-benar sudah diriwayatkan dalam salah satu ayat Al-Qur'an  adalah makhluk Allah yang tinggi derajatnya dengan makhluk Allah SWT lainnya. Kitapun harus mensyukuri rizki yang luar biasa itu. Masalah menimpa, masalah datang silih berganti, masalah tidak pernah habis, jangan pikirkan masalah itu, namun pikirkan bahwa dengan masalah kita semakin disayang Allah, dengan masalah kita bisa semakin tunduk dengan Allah, dengan masalah kita semakin bisa terus belajar rendah hati dan bijaksan dalam bertindak. Dan yang terpenting dengan adanya masalah besar, kitpun juga memiliki jauh lebih besat Tuhan, yaitu Allah SWT yang akan membantu kita menyelesaikan masalah itu.

    Jangan bersedih dengan masalah, jangan pernah meratapi dengan mengais atau menangisi masalah. Karena perilaku itu tidak mencerminkan kita sebagai mukmin sejati. Banyak metode yang dilakukan untuk menghadapi terpaan masalah atau menghadapi masalah ketika sedang menjamur dalam kehidupan kita. Berikut kiat-kiat menuju bahagia dan menyingkirkan masalah dengan cepat :

    1. Sadarilah bahwa jika Anda tidak hidup hanya dalam batasan hari ini saja, maka akan terpecahlah pikiran Anda, akan kacau semua urusan, dan akan semakin menggunung kesedihan dan kegundahan diri Anda. Inilah makna sabda Rasulullah: "Jika pagi tiba, janganlah menunggu sore, dan jika sore tiba, janganlah menunggu hingga waktu pagi."

  2. Lupakan masa lalu dan semua yang pernah terjadi, karena perhatian yang terpaku pada yang telah lewat dan selesai merupakan kebodohan dan kegilaan.
  3. Jangan menyibukkan diri dengan masa depan, sebab ia masih berada di alam gaib. Jangan pikirkan hingga ia datang dengan sendirinya, namun tetap berusaha diawal untuk meraih masa depan yang cemerlang.
  4. Jangan mudah tergoncang oleh kritikan. Jadilah orang yang teguh pendirian, dan sadarilah bahwa kritikan itu akan mengangkat harga diri Anda setara dengan kritikan tersebut.
  5. Beriman Kepada Allah, dan beramal salih adalah kehidupan yang baik dan bahagia.
  6. Barangsiapa yang menginginkan ketenangan, keteduhan, dan kesenangan maka dia harus berdzikir kepada Allah.
  7. Hamba harus menyadari bahwa segala sesuatu berdasarkan ketentuan qadha' dan qadar.
  8.  Jangan menunggu terimakasih dari orang lain.
  9. Persiapkan diri Anda untuk menerima kemungkina terburuk.
  10. Kemungkinan  yang terjadi itu ada baiknya untuk diri kita.
  11. Semua Qadha' bagi seorang muslim baik adanya.
  12. Berfikirlah tentang nikmat, lalu bersyukurlah.
  13. Anda dengan semua yang ada pada diri Anda sudah lebih banyak daripada yang dimiliki orang lain.
  14. Yakinlah, dari waktu ke waktu selalu saja ada jalan keluar.
  15. Yakinlah, dengan musibah hati akan tergerak untuk berdoa.
  16. Musibah itu akan menajamkan nurani dan menguatkan hati.
  17. Sesungguhnya setelah kesulitan itu akan ada kemudahan.


    By: Laa Tahzan........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar