Pages

Slideshow

Selasa, 17 Januari 2012

Pikirkan dan Syukurilah



Dari tema tersebut memiliki arti, Ingatlah setiap nikmat yang Allah anugerahkan kepada Anda. Karena Dia telah melipatkan nikmat-Nya dari ujung rambut hingga ke bawah kedua telapak kaki.

"Jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan sanggup menghitungnya,". 
(QS. Ibrahm: 34)

Kesehatan badan, keamanan negara, sandang pangan, udara dan air, semuanya tersedia dalam hidup kita. Namun begitulah, Anda memiliki dunia, tetapi tidak pernah menyadarinya. Anda menguasai kehidupan, tetapi tak pernah mengetahuinya.

"Dan, Dia menyempurkan nikmat-Nya kepadamu lahir dan batin," (QS. Luqman: 20)

Anda memiliki dua mata, satu lidah, dua bibir, dua tangan dan dua kaki.

"Maha nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan," (QS. Ar-Rahmaan: 13)

Apakah Anda mengira bahwa, berjalan dengan kedua kaki itu sesuatu yang sepele, sedang kaki acapkali menjadi bengkak bila digunakan jalan terus-menerus tiada henti...?? Apakah Ana mengira bahwa berdiri tegak di atas kedua betis itu sesuatu yang mudah, sedang keduanya bisa saja tidak kuat dan suatu ketika bisa patah...??

Maka sadarilah, betapa hinanya diri kita manakala tertidur lelap, ketika sanak saudara di sekitar Anda masih banyak yang tidak bisa tidur karena sakit yang mengganggunya..?? Pernahkah Anda merasa nista manakala dapat menyantap makanan lezat an minuman dingin saat masih banyak orang di sekitar Anda yang tidak bisa makan dan minum karena sakit..??

Coba pikirkan, betapa besarnya fungsi pendengaran, yang dengannya Allah mennjauhkan Anda dari ketulian. Coba renungkan dan raba kembal mata Anda yang tidak buta. Ingatlah dengan kulit Anda yang terbebsa dari penyakit lepra dan supak. Dan renungkanlah betapa dasyatnya fungsi otak Anda yang selalu sehat dan terhindar dari kegilaan yang menghinakan.

Adakah Anda ingin menukar mata Anda dengan emas sebesar gunung Uhud, atau menjual pendengaran Anda seharga perak satu bukit..? Apakah Anda mau membeli istana-istana yang menjulang tingggi dengan lidah Anda, hingga Anda bisu..?? Maukah Anda menukar kedua tangan Anda dengan untaian mutiara, sementara tangan Anda buntung..??

Begitulah, sebenarnya Anda berada dala kenikmatan tiada tara dan kesempurnaan tubuh, tetapi Anda tidak menydarinya. Anda tetap merasa resah, suntuk, sedih dan gelisah, meskipun Anda masih mempunyai nasi hangat untuk disantap, air segar untuk diteguk, waktu yag tenang untuk tidur pulas, dan kesehatan untuk teru beraktivitas.

Anda acapkali memikirkan sesuatu yang tidak ada, sehingga Anda pun lupa mensyukuri yang sudah ada. Jiwa Anda mudah terguncang hanya karena kerugian materi yang medera. Padahal, sesungguhnya Anda masih memegang kunci kebahagiaan, memiliki jembatan pengantar kebahagiaan, karunia, kenikmatan, dan lain sebagainya. Maka pikirkan semua itu, dan kemudian syukurilah..!!

"Dan, pada dirimu sendiri. Maka, apakah kamu tidak memperhatikan." (QS. Adz-Azaariyaah: 21)

ikirkan dan renungkan apa yang ada pada diri, keluarga, rumah, pekerjaan, kesehatan, dan apa saja yang tersedian di ekekliling Anda. Dan janganlah termasuk golongan yang merugi.

"Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya". (QS. An-Nahl: 83)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar