Pages

Slideshow

Rabu, 25 Januari 2012

Rasa Malu Salah satu Akhlak Mulia

January, 25  2012

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Semakin hari tingkat kejahatan semakin marak. Baik kejahatan secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi, dari mulai perkosaan, perampokan, pembunuhan sampai dengan korupsi di kalangan pejabat dan wakil rakyat. Satu hal yang bisa disimpulkan adalah kita sering mengenyampingkan rasa malu dari hati kita, padahal dalam pandangan Islam terhadap rasa malu merupakan hal penting dalam mengarungi hidup dan kehidupan, semoga dengan tulisan ini bisa membawa manfaat bagi semuanya terutama diri saya pribadi.

Mengapa kita harus memiliki rasa MALU....?? Karena Malu adalah sebagian dari kita memiliki iman. Dan Malu juga adalah salah satu sifat yang harus ada pada diri seorang Muslim. Malu merupakan akhlak mulia  yang selalu mendorong seseorang untuk meninggalkan segala bentuk keburukan dan melanggar hak orang lain, banyak hadist yang menyebutkan tentang itu.

Nabi saw,  bersabdah, "Malu, seluruhnya baik." (HR. Muslim (No. 156), Abu Daud (No. 4796). Beliau juga bersabda, "Malu selalu mendatangkan kebaikan." (HR. Bukhari No. 5766)
Beliau Bersabda, "Malu adalah bagian dari iman." Dan iman tempatnya di surga. Sementara kekejian bagian dari hati yang kesat. Sementara hati yang kesat tempatnya neraka. (HR. Al- Tarmidzi)
Lalu beliau bersabda, " Malu dan iman saling bertaut. Jika salah satunya diangkat, yang lainnya juga terangkat." (HR. Al- Hakim). Maha suci Allah. Hadist-hadist di atas berkuat di sekitar, "Miliki siapa kebaikan, iman, dan akhlak?" Semuanya milik orang-orang yang mempunyai rasa malu.

Engkau tidak akan bisa berbakti kepada kedua orang tuamu, bertobat pada Allah, pergi haji, umrah, berbuat jujur, meninggalkan dusta, atau berusaha untuk taat kepada Allah, kecuali jika engkau memiliki rasa malu ....... Engkau malu kepada Allah karena dosamu yang banyak dan engkau malu menjumpai-Nya dalam kondisi belumuran dosa ..... Karena itu, engkau berbakti kepada kedua orang tuamu, menghampiri Allah, bersikap jujur, dan istiqomah.

Ya... itulah akhlak yang bermula kepada rasa malu.

Allah Azza Wajalla.

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ

Wassalamua'alaikum wr. wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar