Pages

Slideshow

Senin, 30 Januari 2012

TUJUAN HIDUP MUSLIM


30 Januari, 2012

Assalamu’alaikaum wr. wb.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Segala puji kita panjatkan kepada ALLAH swt yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat-nikmat hidup di Buminya yang indah ini.


Rasulullah saw adalah nabi besar yang membawa risalah-risalah dari ALLAH untuk manusia.Jasa2 Nabi sangat luar biasa untuk kemanusian. Kalau bukanlah Al quran sebagai kitab pedoman hidup manusia sudah tentu manusia tidak akan menemukan jalan yang diredhoiNya.


TiadaTuhan melainkan Allah Maha Pencipta Agung lagi Maha Berkuasa. Allah yang menghidupkan dan mematikan manusia. Hidup di dunia hanya untuk sementara saja. Allah pula yang menentukan tujuan hidup dan tugas-tugas hidup kita didunia.  Allah Maha Pengampun dan Maha Mengadili setiap perbuatan manusia. Allah akan memintak pertanggung jawaban kepada kita apa yang telah kita kerjakan selama hidup di dunia. Allah  is the Lord of  the world, Raja di Raja di dunia.

Tujuan hidup manusia di bumi ini adalah "bekerja untuk ALLAH" membangun pradapan manusia  yang rahmatan lil alamin yaitu hidup yang damai--sejahtera--harmoni --- dan bahagia.


Siapa2 yang bekerja dengan baik dan sempurna sesuai dengan kitab manusiaNya yaitu Al Quran,maka ALLAH akan menjanjikan mendapat hadiah atau reward dari ALLAH yaitu Syurga di dunia dan di akirat.
The trouble with Islam Today adalah banyak umat islam yang salah memahami apa tujuan dan tugas hidupnya di bumi ini yang ciptakan oleh ALLAH swt.

Kalau umat islam salah memahami atau mengartikan ayat-ayat ALLAH tentang apa tujuan dan tugas hidupnya, maka hasilnya sudah tentu akan salah pula.

Inilah yang sedang terjadi di dalam masarakat islam kita sekarang ini setelah di tinggalkan oleh Rasul 1400 tahun yang lalu.Dimana umat Islam dimana mana sangat terbelakang dlm segala aktivitas kehidupan manusia. Selama ini saya amati pada umumnya umat islam berpaham bahwa tujuan hidup antara lain;

Ada yang menyembah ALLAH swt yaitu dengan melakukan shalat /penyembahan 5 kali sehari bahkan lebih. Makin banyak melakukan shalat terasa makin benar islamnya. Maka mereka banyak melakukan shalat-shalat sunat dan shalawat Tarawih sampai kakinya bekak, dan keningnya yg menghitam.

Ada pula sebahagian umat islam mencari ALLAH dengan banyak berzikir di kamar-kamar yang gelap berjam jam. Ada pula sebahagian mencari kebahagian dengan hidup sederhana saja.Kalau banyak aktivitas duniawi seperti berniaga, berpolitik dan lain-lain maka akan menimbulkan stress dan penyakit dll. Ada pula yang tujuan hidupnya adalah semata mata mencari "materi' Mencari kekayaan tanpa mengenal haram dan halal,semua cara di lakukan demi mendapatkan uang.
Umat islam yang melakukan shalat 5 kali sehari, dan shalat sunat kemudian melakukan puasa dan naik hajji, mereka sudah merasa tujuan hidupnya sudah tercapai, walaupun ekonomi keluarganya masih lemah atau miskin.

Mereka berpendapat bahwa kesejahteraan keluarga itu adalah bukan tujuan hidup seorang muslim. Maka mereka malas bekerja keras dan belajar sungguh-sungguh untuk dapat memakmurkan bumi ini dgn cara mengusai ilmu2 ekonomi dan technologi.

Akibatnya adalah umat Islam terbelakang dalam ekonomi dan technologi, persenajtaan dan pendidikan.Benar bukan?
Jadi Tugas hidup manusia adalah bekerja keras untuk ALLAH membangun pradapan manusia yang Islami yang damai dan sejahtera hidupnya.Tujuannya akir adalah tempat mulia yaitu syurga.

Untuk itu ALLAH memerintahkan kepada manusia;
Tugas Manusia;

1. (QS.11:61). “Dialah yang telah menciptakan kamu dari bumi (tanah), dan menjadikan kamu pemakmurnya. (menghuni dan mengolah hasil bumi untuk kemakmuran umat manusia,atau membangun pradapan yang islami).

Untuk memakmurkan bumi ALLAH, maka wajib setiap muslim belajar ilmu agama dan ilmu-ilmu ekonomi/technologi lain2nya agar bisa mengolah bahan2 baku yang telah disediakan oleh ALLAH di muka dan didalam bumi.

2(QS.58:11)
“Allah akan meninggikan orang orang yang beriman di antara mu dan orang orang yang menuntut ilmu pengetahuan (belajar) beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan(siapa yang menguasai ilmu IPTEK,merekalah yang lebih maju dan kuat.)

Orang2 yang sudah banyak ilmunya dan banyak karya2nya diangkat menjadi pemimpin atau Khlafah Fild ardh;

3.QS.2:30"Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi ini"(Menjadi pemimpin2,Khalifah2 Fil Ardh yang membangun umat baik akhlaqnya maupun ekonominya. )
Kesimpulan tujuan hidup manusia, bukanlah hanya melakukan shalat, puasa,naik hajji saja, tapi adalah lebih dari pada itu,yaitu bekerja untuk ALLAH membangun pradapan islam yang maju dan kuat pertahanan agama dan bangsanya.

Siapa siapa yang mengikuti buku pedoman ALLAH yaitu al quran dan As-sunnah, maka ALLAH menjanjikan hadiah hidup syurga di dunia dan syurga pula di akirat, selamat dari azap api neraka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar